Menjaga Orisinalitas Sebuah Tulisan

Sejak kemunculan nya, jumlah Blog di indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Informasi terakhir menyebutkan bahwa jumlah blog di Indonesia kini telah mencapai 4juta lebih. Hal itu wajar mengingat sekarang ini kebutuhan akan informasi terus meningkat, dibarengi dengan meningkatnya kemudahan akses internet di Indonesia. Dengan semakin banyak nya jumlah Blog di Indonesia, hal ini jelas membuat "persaingan" antar blogger semakin ketat. Persaingan yang dimaksud adalah persaingan dalam SEO (Search Engine Optimation), dimana setiap blogger berlomba-lomba agar artikel yang mereka tulis menjadi pilihan utama mesin pencari semisal google

Dengan perkembangan internet yang semakin pesat, para blogger mulai memanfaatkan nya sebagai lahan bisnis. Banyak bisnis yang bisa dikembangkan melalui internet, salah satunya adalah advertise publisher. Seorang publisher biasanya selalu berusaha meningkatkan traffic blog mereka, karena disitulah kunci keberhasilan sebuah publisher. Semakin tinggi traffic Blog mereka, semakin banyak uang yang bisa dihasilkan. 

Tapi tak jarang hanya karena mengejar traffic, seorang blogger melakukan segala cara agar Blog nya ramai dikunjungi, salah satu nya dengan mecopy-paste artikel orang lain tanpa seizin penulis. Banyak sekali ditemukan sebuah artikel yang isinya sama dengan artikel Blog orang lain. Lebih parah nya lagi artikel tersebut tak dicantumkan sumber aslinya. Hal ini jelas menciderai profesionalitas blogger di Indonesia.

Sebenarnya kualitas sebuah Blog bisa dinilai dari beberapa aspek, diantaranya meliputi tampilan (template), isi (tulisan), dan berat (kecepatan akses). Seorang blogger yang profesional, selalu mengutamakan aspek yang kedua diatas, yaitu isi (tulisan). Untuk menjaga sebuah orisinalitas sebuah tulisan memang hal yang susah, karena seorang blogger dituntut untuk selalu kreatif menulis sebuah artikel yang menarik dan digemari oleh pembaca, sehingga pengunjung akan ketagihan untuk mengunjungi Blog tersebut. 

Oleh karena nya, untuk menjaga profesionalitas, orisinalitas adalah hal yang harus dijunjung tinggi oleh para blogger. Jika hal ini dilakukan, kualitas sebuah Blog akan semakin meningkat sebanding dengan traffic Blog tersebut.

13 comments

October 2, 2011 at 7:36 PM

Memang paling kesel kalo tulisan kita di copas, mana nulisnya sehari-semalam dan susah payah :(

October 2, 2011 at 7:40 PM

bener bgt, copas klihtan bg klo mles gak kreatif. pdhal gmpang bg klo mau buat konten yg unik dan menarik...
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

October 2, 2011 at 7:43 PM

Sebenarnya dunia Blogger adalah dunia menulis..
Jadi kalau Copas apa namanya ya? he..

October 2, 2011 at 7:53 PM

Setuju.... ada kepuasan tersendiri jika tulisan di blog kita itu adalah original, bukan cuman copas

October 3, 2011 at 12:05 AM

Kita bisa menilai kok,kualitas bahkan personal pemilik blog,dikarenakan tulisan yang mereka pubish didalam blog mencerminkan perilaku admin'a secara tidak langsung
Ditunggu kunjungan baliknya ya

October 3, 2011 at 1:33 AM

Menulis adalah sebuah seni, dan seni adalah sebuah karya. Sebuah Karya Besar akan tercipta ketika dibangun atas dasar ide kreatif dan hati nurani.

October 3, 2011 at 2:19 AM

aku suka baca artikel ini, bro. tq. karena belum lama ini aku jg bermasalah dengan copaser

October 3, 2011 at 3:37 AM

dicopas itu sudah biasa.
Kalau belum dicopas, berarti tulisan kita belum bagus. Jangan menyerah dengan copaser. Terus berkarya dan menulis.

Bisa juga laporkan ke DMCA kalau memang mau mengadukan tulisan yang di copas. Alamatnya di : http://automattic.com/dmca

October 3, 2011 at 7:26 AM

Harus ada aturan yang tegas jika ada pelaku copas artikel orang lain. Kalau perlu ada Undang-undangnya. Misalnya : Dilarang copy paste tanpa meyebutkan sumbernya. Hukuman "seberat-beratnya" bagi yang melanggarnya. Minimal 20 tahun penjara atau denda 20 milyar. :) Jadi orang/blogger tak akan sembarangan main copas. Rekan blogger semua, setuju nggak jika ada undang2 Copas seperti contoh di atas?

October 3, 2011 at 7:37 AM

Sebenarnya sudah ada undang-undang yg mengatur tentang ini. Dirjen HKI(Hak Kekayaan Intelektual), adalah lembaga yang mengurusi masalah HaKI(Hak atas Kekayaan Intelektual). Tapi jarang ada pelaporan tentang copas sebuah artikel, kecuali artikel tersebut mengandung unsur yg bisa dikomersil kan. Selain itu mungkin akan ada biaya yg harus dikeluarkan untuk mengurusi masalah ini.

October 3, 2011 at 8:28 AM

sipppp....keren

October 8, 2011 at 1:18 AM

masuk sini gan cara menampilkan iklan google adsense di dalam blog bahasa Indonesia http://www.kebojantan.com/2011/04/agar-google-adsense-tampil-di-blog.html

March 5, 2016 at 1:26 AM

thank's gan infonya.

Post a Comment