Tips Menambah Berat Badan

Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan semua orang. Banyak orang yang merasa kurang pede lantaran memiliki tubuh yang kurang ideal, entah itu terlalu kurus atau terlalu gemuk. Badan yang terlalu kurus kadang membuat orang nggak pede, apalagi bagi seorang pria. Karena kebanyakan wanita lebih menyukai pria dengan tubuh yang berisi (tapi tidak kegemukan). Selain itu memiliki badan kurus juga mengganggu penampilan karena tidak semua pakaian cocok untuk badan yang kurus.

Untuk tahu apakah badan kita sudah ideal, mulailah dengan menghitung IMT (Indeks Massa Tubuh) kemudian menilai jumlah kebutuhan. IMT=Berat badan (kg) / (Tinggi badan (cm) / 100)². Misalnya kita memiliki BB=50kg, TB=160cm, maka IMT= 50 / (160/100)² = 50/2,56 = 19,53. Berikut penjelasan hasilnya:
IMT < 17.0 = Gizi Buruk
IMT 17.0 - 18.5 = Gizi Kurang
IMT 18.5 - 25.0 = Normal
IMT 25.0 - 27.0 = Gizi Berlebih
IMT > 27.0 = Beresiko
Jika anda dalam kategori gizi buruk atau gizi kurang, mulailah untuk menentukan program peningkatan porsi sebagai cara menggemukkan badan. Bisa jadi yang anda tingkatkan bukan kuantitas makanan, melainkan dari kualitas makanan anda. Tentunya hal tersebut lebih baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk menambah berat badan anda:
1. Menambah Porsi Makan
Normalnya manusia makan 3x sehari, tapi coba anda tambah porsi makan anda menjadi 4 - 5x sehari. Tentunya dengan siklus waktu yang sesuai, misal makan pagi jam 8, siang jam 11, terus jam 2, sorenya makan lagi jam 5, mungkin yang terakhir makan malam jam 9. Kedengarannya emang serem dan agak ekstrim, tapi selama makanan anda sehat dan porsinya sesuai, tips ini bisa membuat berat badan anda naik drastis.

2. Istirahat Cukup
Percuma makannya banyak tapi kalau tubuh tidak dapat istirahat yang cukup. Jadi, atur pola tidur yang cukup minimal 8 jam sehari. Kalau pun kurang dari 8 jam sehari, anda dapat istirahat sebentar disela-sela kesibukan anda. Pokoknya buatlah tubuh anda senyaman mungkin.

3. Kurangi Merokok dan Begadang
Jika anda seorang perokok, kurangi atau hilangkan kebiasaan tersebut. Dan bila anda sering begadang, kurangi juga kebiasaan tersebut karena begadang semalaman membuat organ tubuh yang seharusnya istirahat harus bekerja ekstra ketika begadang, sehingga berpengaruh terhadap proses penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga zat-zat makanan tidak bisa diserap dengan baik.

3. Olahraga Secara Teratur
Olahraga sangat penting dalam proses pembentukan tubuh dan menjaga metabolisme. Jadi kalau anda ingin gemuk, fokusin olahraga untuk pembentukan massa otot seperti fitness atau body languange. Hal ini bisa membuat tubuh lebih berbentuk dan berisi.

4. Minum Susu
Kenapa harus minum susu? karena susu memiliki protein tinggi yang dapat membantu membentuk jaringan otot. Selain itu susu juga berfungsi untuk memperkuat tulang. Coba bayangkan bila tubuh kita sudah gemuk tapi tidak diimbangi dengan tulang dan otot yang kuat, pasti pertumbuhannya menjadi tidak seimbang.

5. Periksa Kesehatan Anda
Jika anda pernah gemuk dan kemudian kurus, coba periksakan tubuh anda ke dokter ahli gizi. Disana anda akan mengetahui mengapa anda susah gemuk. Bisa karena faktor keturunan atau mungkin ada penyakit dalam tubuh anda. Jika bukan karena penyakit, maka setidaknya dengan tips menambah berat badan ini anda sudah ada perubahan dalam waktu satu bulan.

15 comments

December 5, 2011 at 2:30 AM

kalau mau gemuk abis makan langsung tidur,dijamin pasti gemuk tapi secara kagak sehat,hehehe
yang paling baik makan sayur + susu & di imbangi dengan olahraga secara teratur

December 6, 2011 at 5:09 AM

terima kasih atas masukan nya.
semoga bermanfaat. :)

December 8, 2011 at 11:47 PM

setuju sama Andy tuh...
kayak aku nih, kebanyakan makan trus tidur...
jadi gemuk sekarang

hiks

December 8, 2011 at 11:47 PM

Dija kok gak gemuk gemuk ya?

December 9, 2011 at 4:40 AM

kalo kegemukan, ganti program diet. hhe,. :D

December 11, 2011 at 2:18 AM

aqu normal..hahah

December 22, 2011 at 1:08 PM

berat badan ma gemuk bedanya apa ya., ? :D

Love

January 10, 2012 at 4:47 PM

@djawa : Berat badan adalah berata badan kita, sedangkan gemuk itu kelebihan berat badan. :)

Anonymous
April 30, 2012 at 4:49 AM

saya belum mengerti tentang penghitungan IMT. coba di jelaskan dengan detail...

May 9, 2012 at 1:40 AM

Kan diatas ada penjelasannya.., mohon dibaca lagi dengan cermat. :)

July 1, 2012 at 6:24 AM

mantap gan, ininih tipsyang dicari adek ane daridolo
moga-mogaaja dia nambah beratnya haahah

October 23, 2013 at 6:32 AM

yang mau lebih detil cara hitung body mas index ada kalkulatornya masuk aja yuk ke sini

October 23, 2013 at 7:47 PM

ideal berat badan adalah sama dengan tinggi badan kita,contoh tinggi 170 berarti maksimum berat 70kg,kalau ingin lebih langsing lagi kunjungi kami oke...

March 5, 2016 at 1:09 AM

thank's gan infonya.

Post a Comment