Radio, Riwayatmu Kini

Jaman dahulu Radio adalah sebuah media elektronik yang sangat populer. Pada masa kejayaan nya, hampir setiap rumah pasti memiliki media elektronik ini. Karena hanya lewat radio masyarakat bisa memperoleh informasi berita maupun hiburan melalui stasiun radio milik pemerintah RRI (Radio Republik Indonesia). Lambat laun kejayaan radio mulai digeser oleh keberadaan Televisi, sebuah media elektronik media hiburan yang lebih modern dan canggih, karena tak hanya audio saja yang bisa diterima oleh pelanggan, namun juga gambar visual. Selain itu, semakin lama harga sebuah Televisi  semakin terjangkau oleh masyarakat.

Di era tahun 80'an hingga 90'an, radio masih menjadi primadona oleh masyarakat, selain Televisi. Karena di era itu, semakin banyak stasiun radio lokal bermunculan. Selain berita, pendengar juga disuguhkan dengan alunan musik yang diputar oleh stasiun radio, yang bisa didengarkan oelh pendengar kapan saja dan dimana saja. Itu lah mengapa masyarakat masih menganggap radio sebagai media hiburan favorit pada saat itu.

Semakin kesini, kepopuleran radio semakin meredup. Di era yang modern dan serba canggih seperti sekarang ini, keberadaan Radio mulai degeser oleh media elektronik lain yang jauh lebih canggih dan praktis. Dari mulai lahirnya MP3 Player, dan disusul oleh pemutar musik lain yang semakin canggih. Apalagi dengan adanya handphone yang memiliki fasilitas pemutar musik maupun video, masyarakat semakin dimanjakan oleh fasilitas-fasilitas ini. Tak heran mengapa sekarang ini banyak perusahaan gadget pemutar musik yang bermunculan dan bersaing memberikan fasilitas terbaik bagi pelanggan nya.

Dengan demikian, radio semakin jauh tertinggal oleh media elektronik lain. Mungkin karena radio sudah kalah praktis dengan media lain, semisal mp3 player, atau pemutar musik lain nya. Adapun keberadaan radio di tiap rumah masih dimungkinkan, karena sebagai media elektronik pelengkap, dan mungkin juga sudah jarang diputar, sehingga sebagian dari kita sekarang mungkin sudah jarang mendengarkan berita atau musik lewat radio.

Tapi dengan semakin canggihnya teknologi, radio juga mulai beradptasi dengan situasi ini. Apalagi dengan adanya internet, sekarang ini semua nya serba online. Dengan koneksi internet, mendengarkan radio pun sekarang juga sudah bisa steraming via online. Bisa melalui aplikasi pemutar musik di komputer semisal winamp, atau pun aplikasi lain.

Berikut beberapa alamat url stasiun radio lokal dan internasional :
Radio Lokal:
-iradio FM : mms://wma1.viastreaming.net/iradiofm
-Hardrock FM : mms://hardrockfm.com/hardrock1
-Nagaswara FM : http://live2.nagaswarafm.com:8088
Radio Jepang:
-AnimeNfo Radio : http://216.18.227.251:8000 (anime,pop,rock,jazz)
-Anime Radio : http://213.251.194.163.8000 (khusus anime)
Radio Slow Rock 80s, 90s :
-Sky FM The80s : http://scfire-dtc-aa05.stream.aol.com:80/stream/1013 (slow rock, country)
Untuk lebih lengkap nya bisa di lihat disini.

Radio memang sebuah media elektronik klasik, tapi memiliki keistimewaan tersendiri bagi para penikmat nya.

4 comments

September 24, 2011 at 10:42 PM

radio klasik kayaknya sdh dtnggal kbykan skrg radio online :)
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

September 24, 2011 at 11:19 PM

betul gan sekarang radio juga menyesuaikan diri supaya tidak si tinggalkan, yang jelas sekarang tayangnnya tidak ada dongeng karena sudah kalah dengan sinetron ditunggu coment bactnya di link artikenya ini

September 27, 2011 at 1:25 AM

Sampai sekarang aku pun masih sering dengerin radio.,.,! :)

March 5, 2016 at 1:30 AM

thank's gan infonya.

Post a Comment